Galih - Upaya Mengoptimalkan Sumber Air Atasi Pengarian Sawah Desa.

Upaya Mengoptimalkan Sumber Air Atasi Pengarian Sawah Desa.

Galih - Dalam mengatasi permsalahan pengairan di sawah terutama sawah desa Galih bagian barat terus dilakukan. Mulai dari meminta jadwal atau gilir air dengan musyawarah antar desa, mencari titik titik jalur yang tersumbat dengan menormalisasi saluran irigasi, hingga yang terbaru ini dengan memasang mesing dompeng atau pompa air di sungai Blukar yang merupakan sungai terdekat.

"Kami akan terus berusaha mengoptimalkan sumber air untuk pengarian sawah desa, karena air adalah salah satu kebutuhan primer untuk pertanian." Ungkap Bpk. Muzhilin selaku kepala desa Galih saat monitoring pemasagan pompa air, Kamis(5/10).

Dia menambahakan debit air yang di pompa dari sungai blukar menghasilkan debit air yang banyak akan tetapi masih ada yang perlu di benahi lagi.

"debit airnya banyak tapi masih ada yang harus dibenahi karena mesinnya masih selalu bergerak dan tidak stabil," jelasnya.

Kemudahan dalam mengatur pengairan di sawah, membuat para petani menghasilkan panen yang melimpah.
Sumber : https://arjowinangun.kec-puring.kebumenkab.go.id/index.php/web/artikel/4/271
Air merupakan salah satu kebutuhan primer untuk pertanian. Tanpa air, semua tumbuhan akan terhambat pertumbuhannya, bahkan mati akibat kekeringan. Balai Besar Tanaman Padi menggelar workshop tentang bagaimana meningkatkan produksi padi dengan kondisi air yang terbatas.

Baca artikel detiknews, "Irigasi Tetas, Solusi Pengairan Sawah Antikekeringan Saat Kemarau" selengkapnya https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4732743/irigasi-tetas-solusi-pengairan-sawah-antikekeringan-saat-kemarau.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/


Dipost : 06 Oktober 2023 | Dilihat : 477

Share :