Galih - Normalisasi Saluran Drainase, Antisipasi Musim Hujan.

Normalisasi Saluran Drainase, Antisipasi Musim Hujan.

Galih - Salah satu langkah konkret untuk mengantisipasi musim penghujan adalah dengan Normalisasi Saluran Drainase yang berada di tengah-tengah pemukiman warga. BMKG memperkirakan awal musim hujan di Indonesia terjadi di bulan September hingga November 2022. Kemudian perkiraan puncak musim penghujan terjadi di bulan Desember 2022 dan Januari 2023. Oleh karenanya lewat anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2022 dengan jenis kegiatan Padat Karya Tunai Normalisasi Saluran Drainase Pemukiman.

Fokus normalisasi di wilayah RW. 001, dikarenakan wilayah tersebut pada saat hujan dengan intensitas tinggi banyak genangan air yang tidak mengalir.

"Banjir umumnya disebabkan oleh kombinasi faktor kondisi alam dan ulah manusia. Curah hujan yang tinggi merupakan salah satu faktor alam yang mengakibatkan naiknya volume air di wilayah tersebut, Sementara, salah satu faktor ulah manusia yang menyebabkan banjir adalah buang sampah sembarangan, maka dari itu mari kita tertib dengan membuang sampah pada tempatnya dan selalu menjaga kebersihan linkungan." tutur Kepala Desa Galih Bpk. Muzhilin, S.E.

 


Dipost : 06 Januari 2023 | Dilihat : 925

Share :