Galih - Gerak Cepat Tangani Penyakit Demam Berdarah.

Gerak Cepat Tangani Penyakit Demam Berdarah.

Galih - Upaya pencegahan penyakit demam berdarah terus dilakukan, mulai dari sosialisasi ke masyarakat sampai dengan Fogging atau Pengasapan untuk membunuh nyamuk.

Bekerjasama dengan Dinas kesehatan melalui Puskesmas Gemuh 1 Fogging dilaksanakan di wilayah RT. 04 RW.01 dan sekitarnya (4/3).

Bidan Desa Galih Dwiani Rahmawati, A.Md. Keb mengatakan Fogging nyamuk bukanlah cara yang tepat untuk pencegahan demam berdarah namun cara yang paling ampuh adalah menerapkan lingkungan yang bersih mengunakan metode 3 M Plus.

"Fogging memang bisa membunuh nyamuk namun itu hanya nyamuk dewasa ada cara lain lagi yang paling ampuh yaitu dengan cara Pemberantasan Sarang Nyamuk(PSN) menggunakan metode 3M Plus (Menguras, Menutup, Mendaur Ulang Barang Bekas". Ujarnya.

Sementara itu Plus dalam nya adalah.

  1. Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.
  2. Menggunakan kelambu saat tidur
  3. Menanam tanaman pengusir nyamuk
  4. Menguras bak mandi seminggu sekali
  5. Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah.
  6. Menggunakan anti nyamuk semprot maupun oles bila diperlukan.
  7. Pangkas dan Bersihkan tanaman liar di pekarangan rumah.

Pemdes meghimbau seluruh masyarakat agar peduli dan mau berupaya menyebar pencegahan penyakit demam berdarah dengan menjaga lingkungan dan menerapkan PSN minimal di sekitar rumah yang ditinggali.

Camat Gemuh turut hadir dalam Kegiatan Fogging ini. Rencananya Fogging tahap 2 akan dilaksanakan pada Sabtu, 9 Februari pukul 06.00 pagi mencakupi wilayah RW 001.

 


Dipost : 05 Maret 2024 | Dilihat : 579

Share :

s