Galih - Gaungkan Edukasi Gender, Tim KKN Posko 76 Gelar Diskusi Kesetaraan Gender

Gaungkan Edukasi Gender, Tim KKN Posko 76 Gelar Diskusi Kesetaraan Gender

Kendal - Tim Kuliah Kerja Mandiri Inisiatif Terprogram (KKN MIT) Posko 76 UIN Walisongo Semarang, menggelar acara diskusi gender pada Senin (7/08) 2023. Acara tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Arief, Desa Galih, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal.

Dalam diskusi tersebut, hadir sebagai pemantik Anastya Mawar Dini selaku anggota KKN Posko 76 dan audiens oleh para santriwati ponpes. Diskusi gender ini mengangkat tema "Kesetaraan Gender & Pemberdayaan Perempuan".

Diskusi ini diselenggarakan guna memperjelas pengetahuan tentang gender, khususnya terkait kesetaraan hak-hak perempuan dalam kehidupan. Anastya menerangkan bahwasanya antara laki-laki dan perempuan memiliki peran sama dalam masyarakat, yang membedakan hanyalah dalam proses reproduksi saja.

"Antara laki-laki dan perempuan sebenarnya memiliki tugas dan tanggungjawab yang sama dalam masyarakat, kita sebagai perempuan harus mampu bergerak menciptakan karya nyata tidak sebatas hanya urusan rumah tangga saja," jelasnya.

Dalam diskusi gender ini juga diterangkan adanya budaya patriarki yang masih melekat di masyarakat. Dalam hal ini, terjadi pembedaan kasta bahwasanya laki-laki dianggap lebih mampu dan diandalkan dalam masyarakat dibanding kaum perempuan.

"Dalam masyarakat kita, masih ditemukan adanya budaya patriarki dengan subordinasi, marginalisasi, dan kekerasan perempuan. Kita harus mampu mencegah itu semua dengan mewujudkan kesetaraan gender bagi perempuan," kata Anastya.

Para santriwati ponpes merespon positif adanya diskusi ini, mereka menjadi lebih paham arti kesetaraan gender.

"Jadi lebih paham arti kesetaraan gender dan kita sebagai perempuan juga mampu dan yakin akan potensi diri kita sehingga tidak dipandang remeh," tuturnya.

Red: AM (Mahasiswa KKN Posko 76)


Dipost : 21 Agustus 2023 | Dilihat : 262

Share :