Galih - Penilaian Lomba Dusun Sehat; Wujudkan Galih Bebas Stunting

Penilaian Lomba Dusun Sehat; Wujudkan Galih Bebas Stunting

Kendal – Senin (31/07) 2023, telah dilaksanakan penilaian lomba Dusun sehat yang bertempat di Desa Galih, Kec. Gemuh, Kab. Kendal. Penilaian dilakukan oleh tim penilai yang terdiri dari perwakilan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Kec. Gemuh, Puskesmas Gemuh 1 dan Puskesmas Gemuh 2.

Lokasi Dusun sehat Desa Galih berada di RT 001/RW 001. Pemilihan lokasi sesuai arahan dari pusat, yaitu wilayah yang banyak terjadi kasus stunting. Dusun sehat di Desa Galih merupakan wujud dan upaya untuk merealisasikan serta menciptakan Galih sehat dan terbebas dari kasus-kasus stunting sehingga terwujudnya Desa yang mampu memenuhi kualitas kesehatan lingkungan.

Adapun kriteria penilaian lomba Dusun sehat meliputi beberapa kriteria diantaranya, terlaksananya program kerja Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dengan terbentuknya rumah sehat, akses air bersih, sanitasi yang baik, pengelolan sampah mulai dari pemilahan sampai pengelolaan, kelayakan jamban, penghijauan serta pemanfaatan pekarangan.

Dalam proses penilaian pihak PKB memberi pesan agar penerapan Dusun sehat tidak hanya saat momen lomba saja, melainkan harus benar-benar diterapkan untuk seterusnya.

“Terima kasih banyak kami sampaikan atas sambutan yang luar biasa, pesan saya perhatian terhadap Dusun sehat agar terus dilaksanakan diluar lomba sekalipun dan harus tetap berorientasi ke depan dengan tetap memberi perhatian kepada kasus stunting, sehingga tahun-tahun berikutnya bisa turun di angka 11%,” pesan Dewi Ningrum.

Sementara itu, dr. Oki Ino Fatwa Firdhaus selaku tim penilai dari Puskesmas Gemuh 1, berharap supaya masyarakat Galih harus membudayakan kegiatan-kegiatan yang mengarah untuk terciptanya lingkungan yang sehat, karena melalui lomba Dusun sehat menjadi bukti jika masyarakat Galih siap menjadi penggerak lingkungan sehat.

“Harapanya, budaya lingkungan sehat harus teteap berjalan dengan baik, Galih harus bisa menginspirasi masyarakat Desa lain. Karena lingkungan sehat akan menciptakan masyarakat yang sehat sehingga tidak adanya kasus-kasus stunting,” harap dr. Oki.

Menurut penuturan ketua PKK, Dusun sehat dirancang dengan sedemikian rupa. Ada pemanfaatan sampah yang dijadikan taman ecobrick, taman ramah anak, tempat sampah dengan konsep pemilahan, taman toga serta pemanfaatan lahan kosong warga untuk ditanamai tumbuhan-tumbuhan obat dan sayur.

“Melalui program Dusun sehat ini, kami segenap PKK dan masyarakat Galih ingin menciptakan Galih yang sehat, dengan tujuan utama yaitu terbebas dari kasus stunting. Maka dari itu, mari bersama-sama gotong-royong untuk terus menjaga lingkungan yang sehat dan nyaman,” terang Khalifa.

Red: Anastya Mawar (Mahasiswa KKN Posko 76)


Dipost : 01 Agustus 2023 | Dilihat : 876

Share :

s