Galih - Sawah Sebagai Salah Satu Potensi Sumber Daya Alam Desa.

Sawah Sebagai Salah Satu Potensi Sumber Daya Alam Desa.

https://galih.kendalkab.go.id - Adanya lahan sawah yang berada di desa memiliki banyak fungsi terutama bagi masyarakat desa, selain sebagai penghasil bahan pangan juga merupakan sumber pendapatan, dan tempat kerja masyarakat desa kususnya di bidang pertanian.

Desa Galih memiliki luas lahan sawah diperkirakan 65 hektare, sepanjang tahun dapat memproduksi berberapa jenis produk tanam namun yang menjadi komoditi unggul yaitu padi, bawang merah, jagung, dan tembakau.

Karena di bidang pertanian ini begitu penting yang menjadi potensi sumber daya alam desa, perkembangan sistem tata kelola sawah yang baik sangat diperlukan kemudian untuk menjamin kesejahteraan para petaninya.

Oleh karenanya Pemerintah Desa membentuk Poktan Desa atau Kelompok Tani Desa yang bisa menjadi wadah belajar guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam berusaha tani sehingga produktivitasnya meningkat, pendapatanya bertambah serta kehidupan yang sejahtera.

Beberapa upaya pemerintah desa untuk melengkapi dan mendukung hasil pertanian sudah dilaksanakan mulai dari membangun jalan rabat beton sepanjang jalan sawah, membangung saluran irigasi sawah, kemudian mesin atau alat-alat yang memadai, serta mengadakan sosialisasi ke para petani desa tentang pemberian pemilihan bibit terbaik dan penggunaan pupuk yang berkualitas.


Dipost : 2024-01-19 09:53:53 | Dilihat : 1816

Share :