Musyawarah Masyarakat Desa Mengenai Monitoring dan Evaluasi STBM

http://galih.kendalkab.go.id - Seperti yang kita ketahui bersama, tujuan pembangunan kesehatan adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang optimal. Oleh sebab itu Puskesmas Gemuh I bekerjasama dengan Pemerintah Desa Galih mengadakan Pertemuan Musyawarah Masyarakat Desa (20/12), pertemuan yang hadiri oleh Ketua FKD, Kader Posyandu, dan Bidan Desa ini berjalan dengan lancar dan hikmat.

STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ), yang terdiri dari 5 pilar kegiatan yaitu : 1. Stop buang air besar sembarangan (Stop BABS) 2. Mencuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan air mengalir 3. Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga (PAM-RT) 4. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga 5. Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga Air dan sanitasi merupakan kebutuhan utama masyarakat yang sangat penting guna tepenuhinya kualitas air minum dan sanitasi yang layak, dimana jika hal tersebut terpenuhi maka peningkatan produktifitas masyarakat pun akan terjadi.

Selain dengan STMB yang harus terpenuhi masyarakat juga harus menerapkan pola hidup sehat, berikut adalah 10 ara pola hidup sehat :

  1. Makan makanan sehat dan bergizi seimbang
  2. Mengatur waktu makan atau Makan yang teratu
  3. Istirahat atau Tidur yang cukup
  4. Olahraga secara teratur
  5. Hindari Stres
  6. Mendapatkan Asupan Vitamin yang cukup
  7. Banyak Minum Air Putih
  8. Mengurangi konsumsi Gula
  9. Tidak merokok
  10. Tetap memperhatikan dan menjaga Kebersihan lingkungan.

"Kami berharap kegiatan pertemuan musyawarah masyarakat desa bisa menjadi ujung tombak organisasi antara Pemerintah Desa dan PUskemas berkaitan dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat", ucap Shofyan Habibi selaku Sekeretaris Desa Galih.

 

*

*


Dipost : 2021-12-22 09:26:28 | Dilihat : 342