Kabar Desa


Kabar Desa Detail

Kegiatan Penguatan Badan Usaha Milik Desa

Galih - Salah satu tujuan didirikannya Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) adalah untuk menggerakan perekonomian desa. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat di wilayah perdesaan. Tetapi dalam praktiknya, pendirian dan pengelolaan BUMDES tidak jarang mengalami berbagai tantangan dan permasalahan. Oleh karena itulah Pemerintah Desa Galih mengadakan kegiatan penguatan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDES yang bertujuan agar dapat mengatasi beragam persoalan dan tantangan tersebut sehingga dapat diidentifikasi dengan baik, agar solusi strategisnya dapat diformulasikan dengan tepat.

Dari hasil kegiatan tersebut, Tim tenaga ahli dari Dispermasdes Bapak Aliyudin dan para peserta berhasil mengidentifikasi beberapa persoalan dan tantangan yang dapat muncul dalam proses pendirian dan pengelolaan BUMDES di Desa Galih. Persoalan dan tantangan yang terkait dengan proses pendirian antara lain soal sumber daya manusia (SDM), jenis usaha yang akan dijalankan, permodalan, pemahaman masyarakat, partisipasi masyarakat, dan persaingan usaha.

Adapun persoalan dan tantangan yang terkair dengan pengelolaan meliputi persoalan: sumber daya manusia, jenis usaha, modal, profesionalitas, dukungan dan kepercayaan masyarakat, dan perencanaan. Dari beragam persoalan dan tantangan tersebut, baik dalam proses pendirian maupun pengelolaan, ada beberapa hal yang dapat ditawarkan sebagai solusi dalam proses pendirian BUMDES: sosisalisasi, peningkatan partisipasi masyarakat, penentuan jenis usaha, dan penentuan modal. Sedangkan solusi untuk problem dan tantangan pengelolaan BUMDES antara lain: pendidikan dan pelatihan, manejemen jenis usaha secara profesional, pengelolaan modal, peningkatan dukungan dan kepercayaan dari masyarakat, dan pembuatan perencanaan secara lebih matang. Solusi-solusi tersebut diharapkan dapat membantu proses pendirian dan pengelolaan BUMDES yang lebih efektif dan efisien.

sebagai info bahwa di desa Galih sudah mempunyai BUMDES yaitu BUMDES Ngudi Makmur yang mempunyai beberapa unit usaha yaitu PPOB, Pasar Desa, Parkir Pasar Desa, Penyewaan Cattering, dan yang terbaru yaitu pengelolaan sampah, dan di Tahun 2019 BUMDES Ngudi Makmur mendapatkan modal Rp. 210.000.000 yang bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2019.

 


Di postkan pada 2020-01-02 09:43:28 | Artikel Dikunjungi : 52x