Kabar Desa


Kabar Desa Detail

Perpusdes Galih Bekerjasama Dengan Puskesmas Gemuh I Mengadakan Kelas Ibu Balita

Galih - Dalam rangka untuk meningkatkan gizi anak Perustakaan Desa Galih yang di bantu oleh beberapa ahli dari Puskesmas Gemuh I mengadakan Kelas Ibu Balita pada Hari Kamis Pon Tanggal 27 Juni 2019 yang bertempat di Posyandu Melati Desa Galih RT.03/RW.02 Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal.

Kelas Ibu Balita adalah kelas dimana para ibu yang mempunyai anak berusia antara 0 sampai 5 tahun secara bersama-sama berdiskusi, tukar pendapat, tukar pengalaman akan pemenuhan pelayanan kesehatan, gizi dan stimulasi pertumbuhan dan perkembangannya dibimbing oleh fasilitator, dalam hal ini digunakan Buku KIA.

Maksud dan tujuan diadakan kelas ibu balita yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dengan menggunakan Buku KIA dalam mewujudkan tumbuh kembang Balita yang optimal.

Anak balita merupakan salah satu populasi paling beresiko untuk terkena berbagai macam gangguan kesehatan (kesakitan) dan kematian. Menurut Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2007, Angka Kematian Balita di Indonesia sebesar 44/10.000 Kelahiran Hidup. Bila dihitung secara matematis, berarti dalam setiap jam terjadi 22 kematian balita di Indonesia, suatu jumlah yang tergolong fantastis untuk ukuran di era globalisasi. Oleh karena itu Kementerian Kesehatan RI telah meluncurkan berbagai program kesehatan untuk menanggulangi hal ini, antara lain: Kelas Ibu Hamil dan Kelas Ibu Balita. Mungkin masyarakat menganggap ini program yang ‘biasa-biasa’ saja, tetapi sesungguhnya Kelas Ibu Balita memiliki keistimewaan tersendiri.https://lamongankab.go.id/dinkes/kelas-ibu-balita/

Kegiatan Kelas Ibu Balita yang dijadwalkan Tiga Kali dalam setiap Tiga Bulan ini  akan dilaksanakan oleh Perpustakaan Desa Galih yang bekerjasama dengan Puskesmas Gemuh 01 bertempat di bebrapa Posayandu di Desa Galih.


Di postkan pada 2019-07-08 12:24:36 | Artikel Dikunjungi : 55x