Kabar Desa


Kabar Desa Detail

PERPUSTAKAAN GALIH MAJU IKUTI LOMBA PERPUSTAKAAN DESA/KELURAHAN TINGKAT KABUPATEN TAHUN 2020

Rabu, 19 Februari 2020 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kendal kembali melaksanakan Kegiatan Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten Tahun 2020. Seperti Tahun-Tahun sebelumnya, lomba ini bertujuan untuk meningkatkan budaya baca serta promosi perpustakaan, memberikan motivasi perpustakaan menjadi lebih baik dan mendapat dukungan pemerintah, menjadikan perpustakaan desa lebih berkembang dan mampu melayani masyarakat akan kebutuhan informasi secara berkelanjutan, serta sebagai apresiasi terhadap perpustakaan desa/kelurahan yang sudah memberikan layanananya terhadap masyarakat.

Kepala Desa Galih beserta Istri dan Tim Penilai Lomba berfoto bersama

Di Tahun ini Perpustakaan Desa Galih Maju kembali di tunjuk untuk berpartisipasi dalam Lomba Perpustakaan Desa tingkat Kabupaten, namun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Perpusdes Galih Maju sudah mempersiapkannya dengan matang-matang dengan menambah koleksi buku, menambah sarpras perpustakaan, memberkan fasilatas berupa 3 unit komputer untuk para pengunjung, dan yang terbaru yaitu 1 unit mobil perpustakaan keliling. 

Penampilan dari group kesenian Turonggo Laras desa Galih yang menambah semarak suasana penyambutan tim penilai

''Selain dengan itu kami juga sudah ada beberapa pelatihan yang kami laksanakan sesuai jadwal yang tercatat, semisal pelatihan IT untuk pemula, pelatihan membuat batik dan juga ada bimbel untuk anak-anak SD kemudian juga story telling (bercerita). Tentunya semua kegiatan perpustakaan tersebut merupakan Tranfromasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial '' ungkap Sri Hartati, S.Pd selaku pengurus perpsusdes Galih Maju.

Diharapkan melalui Perpustakaan Desa/Kelurahan masyarakat desa lebih didekatkan pada sistem layanan informasi guna meningkatkan minat baca dan kemampuan diri melalui sumber belajar dan informasi yang tersedia.

Sementara itu Kepala Desa Galih H. Akhmad Saikhu bertekad menjadikan perpustakaan tersebut selalu menjadi sumber belajar masyarakat desa yang dapat meningkatkan pengetahuan guna menciptakan masyarakat yang cerdas dan berkualitas.

Tim penilai lomba sedang menilai perpustakaan desa Galih Maju

Adapun Instrumen yang dinilai dalam Lomba perpustakaan desa/kelurahan Tahun 2020 tersebut antara lain :Kelembagaan (Organisasi/Struktur) Perpustakaan, Gedung/Ruang Perpustakaan, Perabot dan Perlengkapan,Tenaga Pengelola Perpustakaan, Koleksi Perpustakaan dan Pengolahan Bahan Perpustakaan, Layanan Perpustakaan, Anggaran Perpustakaan, Kerjasama Perpustakaan, Promosi Perpustakaan, Hasil Kegiatan Perpustakaan yang bermanfaat bagi Masyarakat serta Dokumen atau Fakta Pendukung.

 


Di postkan pada 2020-02-20 11:15:26 | Artikel Dikunjungi : 145x