Kabar Desa


Kabar Desa Detail

Dalam Pembangunan Desa, Pemerintah Desa Galih Tetap Pertahankan Upacara Adat.

Galih - Dalam upaya melestarikan wujud sosial budaya leluhur yang dewasa ini semakin memudar Pemerintah Desa Galih selalu mengadakan kenduren atau slametan sebelum melaksanakan pembangunana di Desa, kenduren atau slametan ini bertujuan untuk meminta kepada Sang Pencitpa agar para pekerja diberikan keselamatan agar pembangunan yang akan dilaksanakan berjalan dengan lancar dan selesei sesuai target. Sebelum berdoa di mulai, Pak Kades memberikan sedikit arahan kepada para pekerja dan dilanjut berdoa. Doa dipimpin oleh pemuka agama wilayah.

Setelah prosesi berdoa selesei, acara dilanjut dengan makan bersama, seleruh lauk disebarkan diatas nasi putih yang digelar diatas daun pisang. Seluruh warga Desa wilayah pembangunan turut mengikuti slametan ini. Para warga yang kebanyakan bermata pencaharian sebagai petani ataupun pedangang , tidak tanggung-tanggung untuk meninggalkan sejenak rutinitas mencari nafkahnya demi berpartisipasi mengikuti slametan atau kenduren sebelum  melaksanakan pembangunan di Desa.

Just info..

Kenduren atau slametan adalah suatu ritual yang dilakukan secara bersama-sama oleh kelompok masyarakat yang masih memiliki keterkaitan etnis, suku, maupun kebudayaan untuk mencapai tujuan yang bersumber pada nilai-nilai leluhur dan nenek moyang mereka. https://budayajawa.id/upacara-adat-jawa-kenduren


Di postkan pada 2019-07-02 14:03:29 | Artikel Dikunjungi : 88x