Kabar Desa


Kabar Desa Detail

Syukuran Desa Tahun 2019

Galih - Syukuran atau lebih dikenal oleh warga desa dengan Nyadran merupakan tradisi dan budaya lokal Warga desa Galih yang diturunkan dari leluhur dan sampai sekarang masih terus dilestarikan.

Syukuran tersebut diadakan setahun sekali pada bulan Muharam atau bulan Suro dalam penanggalan Jawa. Kegiatan ini berlangsung di setiap Jumat Kliwon di Bulan Muharam/Suro dan Tahun ini bertepatan pada Tanggal 27 September 2019. 

Turut hadir dalam acara tersebut Pemerintah Desa, Toga, Tomas, Lembaga Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan juga Para petani Desa.

antusisame warga desa galih dalam mengikuti syukuran desa

 

Acara syukuran desa yang di buka langsung oleh Kepala Desa Galih Bapak H. Akhmad Saikhu dan dilanjutkan dengan pembacaan dzikir dan sholawat yang dipimpin oleh tokoh agama desa kemudian dilanjutkan dengan pembagian berkat kepada seluruh warga desa galih.

Sesepuh Desa Galih S.Tunut menyampaikan agar budaya tersebut harus tetap dijaga. "Kegiatan ini adalah tradisi para sesepuh kita, maka kita harus tetap menjaga dan melestarikan adat tersebut". Tuturnya

Melalui acara tersebut, diharapkan rasa kekeluargaan dan kerukunan dalam masyarakat desa Galih dapat semakin meningkat.


Di postkan pada 2019-10-09 13:23:01 | Artikel Dikunjungi : 35x